5 Negara Terkaya di Dunia.

Aslidomino – Negara terkaya di dunia merupakan istilah untuk negara yang memiliki kekayaan atau kesejahteraan masyarakat paling tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Tapi, bagaimana cara kita tahu kekayaan dari suatu negara?

Umumnya, kekayaan dan kesejahteraan suatu negara diukur dengan menggunakan Gross Domestic Product (GDP) atau dikenal sebagai produk domestik bruto (PDB) di Indonesia. PDB merupakan jumlah akhir semua produk yang dihasilkan oleh suatu negara, semakin besar nilai produk yang dihasilkan, semakin besar pula PDB negara tersebut.

Kali ini, kita akan menggunakan PDB PPP atau purchasing power parity. PPP melakukan pembobotan pada PDB tiap negara, sesuai dengan kemampuan membeli dari mata uang tersebut. Tentu saja harga sebuah burger di Indonesia berbeda dengan di Amerika, oleh karena itu, nilai $1 pun akan berbeda di tiap negara, aspek inilah yang dibobotkan oleh PPP.

Berikut ini rangkuman dari Agen poker terpercaya tentang 5 negara terkaya di dunia jika dihitung menggunakan pendekatan purchasing power parity.

5. Brunei Darussalam ($80.384/Capita)
Ilustrasi
Ilustrasi.

Dirangkum lebih jauh dari Agen domino terpercaya. Brunei, sebuah kesultanan kecil yang terletak di pulau Kalimantan ternyata merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Negara ini memiliki PDB sebesar $80.384 per kapita, sebuah angka yang sangat besar mengingat negara ini bergantung pada sumber daya alam yang tidak terbarukan.

Mayoritas pendapatan negara Brunei berasal dari industri minyak dan gas alam. Sejauh ini, belum banyak upaya yang ditempuh pemerintah Brunei untuk melakukan diversifikasi pendapatan negara.

Meskipun kaya, Brunei bukan merupakan negara yang dianggap sejahtera, terdapat ketimpangan yang besar antar lapisan masyarakatnya. Pada kenyataannya, hanya segelintir masyarakat yang menghasilkan $80.000 per tahun, mayoritas masyarakat Brunei memiliki pendapatan yang jauh lebih kecil.

4. Irlandia ($83.399/Capita)

Irlandia, atau kerap disebut sebagai emerald isle merupakan negara terkaya ke 4 di dunia. Negara ini memiliki PDB per kapita sebesar $83.399, dengan jumlah penduduk sebanyak 4,8 juta jiwa, sebuah angka yang cukup fantastis.

Perekonomian Irlandia disokong oleh 3 industri yaitu industri pemrosesan makanan, tekstil, dan pertambangan. Negara ini merupakan salah satu diantara beberapa negara kaya yang memiliki perekonomian yang cukup terdiversifikasi seperti Amerika Serikat. Menariknya, saat ini, dalam ranking OECD (Organization of Economic Cooperation and Development), Irlandia juga menempati posisi ke 4.

3. Singapura ($103.181/Capita)

Singapura merupakan sebuah microstate, atau negara kecil yang sangat kaya, tercatat, pada tahun 2019, PDB per kapita negara ini mencapai $103.181, sebuah angka yang fantastis.

Perekonomian negara ini disokong oleh industri pengolahan dan ekspor bahan kimia serta industri jasa finansial. Selain itu, kebijakan Singapura yang sangat progresif, pro-bisnis, dan mendukung inovasi turut menjadi katalis pertumbuhan jumlah bisnis yang berada di negara ini.

Singapura juga memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, yaitu Port of Singapore yang menjadi pusat perdagangan antar negara. Pada tahun 2011, pelabuhan ini menjadi tempat transit bagi barang-barang senilai $414 milyar, lebih banyak dari PDB Singapura saat ini.

2. Luxembourg ($108.951/Capita)

Luxembourg, salah satu negara terkecil di dunia merupakan negara terkaya ke 2 di dunia dengan pendapatan per kapita mencapai $108.951. Negara ini terletak di Eropa, lebih tepatnya pada titik pertemuan antara tiga negara, Prancis, Belgium, dan Jerman.

Perekonomian Luxembourg yang sangat kuat merupakan buah hasil dari industri bank dan jasa finansialnya yang sangat aktif, kebijakan fiskal yang mendukung pertumbuhan, serta sektor industri dan pengolahan baja yang kuat.

Saat ini, industri perbankan Luxembourg merupakan kontributor terbesar bagi PDB negara ini. Bank-bank tersebut diperkirakan memiliki aset total sejumlah $1,24 trilyun, jauh lebih besar dari PDB Luxembourg.

1. Qatar ($132.886/Capita)

Qatar merupakan negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita mencapai $132.886. Sebuah angka yang sungguh fantastis, mengingat angka ini hampir dua kali lebih besar dibandingkan peringkat 10 yaitu Amerika Serikat.

Perekonomian Qatar ditunjang oleh industri perminyakannya yang sudah sangat maju. Diperkirakan, industri minyak Qatar menyumbang 70% dari pendapatan pemerintahnya, 60% dari PDB, dan 85% dari pendapatan ekspornya.

Meskipun memiliki PDB yang tidak terlalu besar, penduduk Qatar hanya berjumlah 2 juta orang, sehingga PDB per kapitanya pun tinggi. Hampir semua masyarakat Qatar hidup berkecukupan dengan standar kehidupan yang tinggi.

Namun, Qatar harus berhati-hati karena ekonominya dibangun atas eksplorasi komoditas yang dapat habis. Jika tidak direncanakan dengan baik, ketika minyak mengalami krisis harga atau bahkan reservoir minyak Qatar mengering, perekonomian negara ini dapat runtuh. Oleh karena itu, sangat diperlukan langkah-langkah diversifikasi ekonomi bagi Qatar, seperti yang sudah dilakukan Kuwait dan UAE sejak lama.

Ini juga seru : http://bahasadomino.net/6-negara-penghasil-emas-terbesar-di-dunia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *