Fakta suku dayak
Fakta Suku Dayak.

Aslidomino – Indonesia tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga aneka ragam budaya yang ada di dalamnya. Salah satunya yaitu adanya beragam suku yang masih aktif dan tinggal di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Suku Dayak.

Meskipun bukan menjadi suku yang terbesar di Indonesia, keberadaan Suku Dayak telah terkenal hingga mendunia. Hal ini dikarenakan masyarakatnya yang masih sangat memegang teguh adat dan tradisi.

Suku Dayak di Kalimantan merupakan salah satu warisan budaya yang harus dipertahankan keberadaannya. Pasalnya, masyarakat di sana masih menjalankan tradisi nenek luhur dalam kehidupan sosial.

Kehidupan sosial mereka masih lekat dengan kepercayaan adat, namun mereka juga tetap mengadaptasi kehidupan modern, bahkan memiliki toleransi beragama yang kuat di sana.

Masih banyak lagi fakta kehidupan sosial Suku Dayak yang menarik untuk diulas, karena belum banyak diketahui. Yuk simak rangkuman berikut yang dikutip dari Agen poker terpercaya.

Kearifan Lokal.

1. Ada sebuah acara penyambutan bernama Potong Pantan untuk pengunjung. Kepala adat akan meminta pengunjung mencabut tanaman untuk menghilangkan jiwa iblis.

2. Suku Dayak tinggal di pinggiran Sungai Borneo, mereka hidup dengan mengandalkan kekayaan alam di sana. Dari mulai bercocok tanam, hingga berkebun. Suku Dayak juga suka membuat kerajinan tangan dari rotan, damar, dan getah yang dihasilkan dari pohon karet.

3. Di Dayak mereka biasa hidup bersama banyak keluarga di rumah panjang. Untuk melihat kehidupan, Anda bisa minta diantarkan untuk keliling menggunakan kano.

4. Orang Dayak tak pernah menggunakan alas kaki di manapun mereka berada termasuk saat masuk ke hutan. Mereka juga suka untuk telanjang dada tidak peduli dengan cuaca atau binatang seperti lintah yang banyak ditemukan di sana.

5. Ada hasil produksi unik di sana, ialah keranjang bayi yang terbuat dari rotan yang dihiasi dengan gigi buaya, cakar beruang, koin, gigi anjing dan banyak lagi. Hiasan ini dipercaya dapat menjaga bayi dari godaan jiwa iblis.

Selain fakta diatas terdapat beberapa fakta menarik lainnya yang sayang untuk kita lewatkan. Berikut fakta menarik lainnya yang telah dirangkum khusus dari Agen domino terpercaya.

Kebudayaan Dayak
Kebudayaan Dayak.
Agama.

Agama asli dari Suku Dayak adalah Kaharingan. Sayangnya, Indonesia hanya mengenal 5 agama dan Kaharingan tidak termasuk ke dalamnya. Agama ini kemudian masuk ke dalam agama Hindu sehingga sering disebut dengan Hindu Kaharingan. Namun, saat ini hanya sekitar 10% dari penduduk Suku Dayak yang masih mempertahankan agama ini karena sebagian besar sudah beralih menjadi penganut agama Kristen.

Pakaian.

Suku Dayak memiliki banyak jenis pakaian tradisional. Setiap jenisnya memiliki makna sehingga tidak boleh digunakan secara sembarangan dan hanya boleh digunakan pada momen tertentu.

Tatto.

Baik pria maupun wanita Suku Dayak, semuanya memiliki tatto pada tubuhnya. Namun, sama halnya dengan pakaian, setiap tatto yang dilukiskan pada tubuh memiliki makna baik gambar maupun lokasinya sehingga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Keistimewaan lainnya yaitu proses pembuatan tattonya karena menggunakan peralatan yang sangat sederhana, berbeda dengan pembuatan tatto zaman sekarang pada umumnya yang sudah menggunakan peralatan elektrik.

Wanita Dayak.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita Dayak banyak yang cantik, terutama wanita Dayak keturunan Tionghoa. Selain itu, kecantikan mereka alami karena para wanita Dayak ini tidak perlu menggunakan beragam produk kosmetik untuk terlihat cantik. Sebagai perawatannya, mereka juga hanya menggunakan berbagai produk alami.

Senjata.

Pria di Suku Dayak akan selalu membawa sebuah senjata bernama mandau ke mana pun mereka pergi. Senjata ini sangat berbahaya dan mematikan.

Tetapi Anda tidak perlu takut karena penduduk Suku Dayak tidak akan sembarangan mengeluarkan senjata ini ketika ada orang yang datang.

Selain itu, ada hal menarik mengenai senjata ini. Yaitu kepercayaan penduduk Suku Dayak bahwa jika sampai mandau keluar dari bungkusnya, artinya harus ada orang yang menjadi korban.

Menarik sekali bukan berbagai fakta Suku Dayak? Jika Anda kebetulan saat ini berada di Kalimantan dan masih ada waktu menginap beberapa hari lagi di hotel di Samarinda.

Maka tidak ada salahnya jika menyempatkan waktu untuk mengunjungi Suku Dayak dan mempelajari kebudayaannya secara langsung.

Tidak perlu takut, meskipun Suku Dayak dikenal memiliki banyak cerita mistis. Tetapi mereka juga terkenal ramah dan sopan terhadap tamu yang datang. Tentunya, selama Anda juga menghargai mereka dan tidak membuat masalah selama mengunjungi mereka.

Ini juga seru : http://bahasadomino.net/fakta-gurun-atacama/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *