Jebakan Perang Vietnam Yang Mematikan.

Aslidomino – Jika bicara soal Perang Vietnam, maka bakal langsung terbayang perang yang banyak mengambil tempat di kawasan hutan. Dan memang demikianlah kenyataannya.

Karena wilayah Vietnam di masa itu masih dipenuhi dengan hutan, perang pun banyak mengambil tempat di dalamnya. Bagi pasukan komunis Vietkong, hutan merupakan bagian yang terpisahkan dalam peperangan.

Pasalnya dengan memanfaatkan kerimbunan hutan, pasukan Vietkong bisa berpindah tempat tanpa terdeteksi dan bersembunyi sambil bersiap-siap melakukan serangan mendadak.

Dirangkum dari Agen poker terpercaya. Di hutan pulalah, pasukan Vietkong menanam banyak jebakan yang senantiasa membuat lawannya tidak pernah bisa tidur pulas. Berikut ini adalah contoh dari jebakan-jebakan paling mematikan yang pernah digunakan oleh Vietkong.

1. Batang Punji.

Bukan cuma bangsa Indonesia yang lihai memanfaatkan bambu runcing dalam perang melawan pasukan asing. Pasukan Vietkong juga tidak kalah terampil dalam menggunakannya.

Batang punji adalah buah karya dari pasukan Vietkong ketika bambu runcing difungsikan sebagai jebakan.

Batang punji sendiri pada dasarnya adalah lubang galian yang ditanami bambu runcing di bagian dasarnya. Tidak jarang bambu-bambu tersebut dilumuri dengan tinja, air mani, dan bahan lain yang bisa menyebabkan infeksi pada korbannya.

Harapannya adalah begitu korban tertusuk dan selamat, maka korban bakal menderita demam dan kelumpuhan sesudahnya, sehingga pasukannya menjadi kewalahan saat harus melanjutkan perjalanan sambil membawa rekannya yang terluka.

Supaya liang jebakannya tidak terlihat oleh musuh, bagian atas lubang ditutupi dengan lapisan tipis dan dedaunan. Ketika tentara musuh melintas di atasnya, ia pun bakal terperosok ke dalam lubang dan tertusuk oleh bambu runcing.

Kadang-kadang bambu runcing yang dipasang di dasar jebakan memiliki mata tombak yang mengarah ke bawah supaya saat korban mencoba melepaskan diri dari bambu, lukanya malah semakin melebar.

2. Terowongan Ular.
Terowongan Ular
Terowongan Ular.

Dirangkum lebih jauh dari Agen domino terpercaya. Seusai dengan namanya, terowongan ular pada dasarnya adalah lorong atau terowongan yang diisi dengan ular-ular beracun.

Terowongan sendiri merupakan bagian yang tak terpisahkan bagi pasukan Vietkong karena dengan keberadaan terowongan yang tersebar di kerimbunan hutan Vietnam, pasukan Vietkong bisa bersembunyi di dalam sambil melakukan serangan mendadak kepada prajurit musuh yang melintas.

Tidak jarang pasukan musuh berhasil menemukan terowongan ini dan memeriksa bagian dalamnya. Saat itulah jebakan terowongan ular menunjukkan keampuhannya.

Ketika tentara musuh memasuki bagian dalam terowongan yang gelap dan sempit, ular-ular berbisa yang sudah disebar di sepanjang terowongan bakal menggigiti setiap orang yang mendekat.

Ular yang mengisi jebakan terowongan ini oleh tentara musuh kerap dijuluki sebagai “ular tiga langkah” karena lazimnya mereka yang tergigit oleh ular ini bakal tewas sesudah berjalan sejauh tiga langkah.

Untuk membersihkan jebakan ini, pasukan antikomunis pun sampai memiliki satuan khusus yang dijuluki sebagai “tikus terowongan” (tunnel rat).

Karena tugas utama mereka adalah memeriksa terowongan, personil tikus terowongan hanya dibekali dengan senjata sederhana seperti pistol dan bayonet.

3. Kaleng Granat.

Pernahkah anda melihat adegan di film di mana ada seseorang yang tanpa sengaja menabrak tali di tanah, lalu tiba-tiba ada jebakan yang menyerangnya? Kaleng granat bekerja dengan prinsip yang kurang lebih serupa.

Jebakan ini dibuat dengan cara menempatkan granat dalam kaleng dan kemudian menyambungkan pemantik granat dengan tali panjang yang diikatkan pada pemancang di tanah.

Ketika ada orang yang tanpa sengaja menabrak tali, granat akan terpicu dan kemudian meledakkan orang malang yang ada di dekatnya.

4. Bom Bendera.

Pasukan AS memiliki kebiasaan memungut bendera musuh dari wilayah yang berhasil mereka rebut sebagai cara untuk memamerkan keberhasilan mereka di medan perang.

Kebiasaan tersebut lantas dimanfaatkan oleh pasukan Vietkong dan Vietnam Utara untuk menjebak pasukan AS. Saat mereka meninggalkan markas lamanya, mereka bakal mengikatkan benderanya dengan bahan peledak.

Ketika tentara AS menarik bendera tersebut, pemicu ledaknya langsung aktif dan meledakkan sang tentara di tempat.

5. Jebakan Peluru.

Jebakan ini merupakan salah satu jebakan yang paling dibenci oleh pasukan AS dan sekutunya. Pasalnya jebakan ini sangat sulit dideteksi sebagai akibat dari ukurannya yang kecil.

Jebakan ini sendiri pada dasarnya memiliki desain yang serupa dengan batang punji. Bedanya adalah yang dipasang di bagian dasar jebakan bukanlah bambu runcing, melainkan peluru yang dipasang dalam posisi tegak dan ditahan dengan bambu serta paku.

Ketika ada tentara yang menginjak bagian atas jebakan, maka bagian penutup tadi akan mendorong paku yang menancap pada peluru. Peluru tadi kemudian akan terlontar ke udara dan menembus kaki orang yang menginjak jebakan.

Kendati terlihat sederhana, jebakan ini memiliki efek yang tidak main-main dalam menimbulkan luka serius pada kaki korbannya.

Ini juga seru : http://bahasadomino.net/penemuan-arkeologi-di-pompeii/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *