Gulpiyuri
Pantai Tanpa Laut, Gulpiyuri.

Aslidomino – Pantai merupakan batas antara laut dan daratan. Artinya, di mana ada pantai di situ pasti ada laut dengan ombak dan airnya yang maha banyak. Namun tidak dengan Pantai Gulpiyuri yang berlokasi di kawasan Lianes, sebelah utara Spanyol.

Namanya pantai Gulpiyuri atau masyarakat setempat menyebutnya Playa de Gulpiyuri. Pantai Gulpiyuri ini terletak di Kota Llanes, 475 kilometer ke arah utara Kota Madrid. Di antara Castro Molina dan Punta Rociera.

Pantai ini tidak memiliki laut seperti pantai pada umumnya dan hanya selebar 15 meter dan sepanjang 40 meter. Terlindung oleh tebing rerumputan dan batu yang terkesan memberi batas ukurannya.

Panorama pantai yang biasanya kita lihat sebagai hamparan air yang luas. Sangat berbeda karena yang terlihat adalah tebing bukit hijau yang cantik. Memang tergolong pantai yang sangat kecil, namun dibalik kecilnya ukuran pantai ini tersimpan berjuta keistimewaan tersendiri.

Lantas, darimana airnya? Air laut yang ada di pantai gulpiyuri berasal dari laut cantabrian yang berjarak 100meter dari pantai. Dilansir dari Agen domino terpercaya. Air laut inilah yang kemudian masuk melalui tebing bay of biscay.

Asal – muasal.
Pantai Gulpiyuri
Pantai Gulpiyuri.

Pembentukan pantai ini terjadi secara alami sejak jutaan tahun yang lalu. Jadi ombak yang datang secara silih berganti mengikis perbukitan. Dan menciptakan gua yang langsung terhubung ke pantai.

Meski disebut sebagai pantai terkecil didunia serta tanpa memiliki laut, namun Playa de Gulpiyuri ini mempunyai pasir pantai berwarna putih lengkap dengan air asin dan ombak berukuran sedang. Dan tak ketinggalan pula bahwa pantai ini juga mengalami proses pasang surut.

Saat kamu menapaki kaki di pantai tersebut. Kamu akan merasakan lembutnya pasir putih di kakimu tanpa takut terluka karena serpihan kerang yang tajam. Hal ini karena pantai Gulpiyuri tidak begitu banyak mengandung kerang-kerang laut.

Sontak keajaiban alam ini membuat Pantai Gulpiyuri menjadi destinasi wisata populer di kota tersebut. Setiap hari ada saja wisatawan yang datang untuk melihat langsung keajaibannya atau sekedar menikmati keindahan pantai berukuran mini ini. Bahkan Playa de Gulpiyuri sering dipilih sebagai salah satu destinasi terbaik di Asturia.

Lingkaran air.

Dikutip dari Agen poker terpercaya. Gulpiyuri sendiri memiliki arti harafiah “lingkaran air”. Playa de Gulpiyuri terbentuk dari sebuah celah lubang di Bumi. Air dari Laut Kantabria menembus masuk melalui bebatuan dan kanal-kanal bawah tanah. Dan muncul di Playa de Gulpiyuri saat ombak sedang tinggi. Jadi, level air di Playa de Gulpiyuri sepenuhnya bergantung pada ketinggian ombak Kantabria.

Saat ombak surut, Playa de Gulpiyuri akan menghilang dan menyisakan area pasir. Jadi pengunjung disarankan untuk mengecek kondisi ombak terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Playa de Gulpiyuri. Pengunjung bisa berenang di Playa de Gulpiyuri saat ombak sedang pasang. Namun seringnya, level air di Playa de Gulpiyuri hanya mencapai setinggi lutut.

Cara pengunjung mencapai pantai Gulpiyuri.

Playa Gulpiyuri dapat dicapai dengan berjalan kaki atau dengan kayak. Kebanyakan pengunjung mengendarai mobil atatu sepeda motor dari desa Naves dengan jarak sekitar 1 kilometer. Ada juga yang menggunakan kayak dari lautan. Jika cuacanya sedang bagus dan tidak berombak tinggi, pengunjung bisa mengayuh kayak dan memasuki gua sepanjang 100 meter yang menghubungkan Laut Kantabria dengan Playa de Gulpiyuri.

Meski pantainya tidak terlalu luas yaitu hanya sekitar 40 meter, pasir putih dan pirusnya air menjadi alasan kenapa banyak wisatawan yang berkunjung. Selain itu, suasana tenang yang ditawarkan juga memberikan nilai tambah untuk Pantai Gulpiyuri.

Belum banyaknya turis yang tahu tentang pantai Gulpiyuri, membuat pantai ini menjadi spesial, karena seperti berwisata di pantai pribadi. Untuk anda yang phobia ombak laut lepas, tempat ini adalah alternatif terbaik. Obyek ini baru tenar lima tahun terakhir. Dahulu Gulpiyuri hanya beredar di kalangan terbatas dari mulut ke mulut. Meski indah dan unik, cukup sulit bagi wisatawan menuju ke sana.

Demikian artikel kita pada kesempatan kali ini.
Terima kasih sudah membaca 🙂

Ini juga seru : http://bahasadomino.net/10-tempat-terdingin-di-bumi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *